Senin, 12 Oktober 2015

Selayang Pandang Kartun Kawanimut

Bagan alur pembuatan kartun foto Kawanimut

Setiap hari banyak inbox masuk dan isinya menanyakan perihal bagaimana caranya jika ingin dibuatkan kartun pribadi Kawanimut. 

Jika pertanyaannya adalah, 

“Assalamu’alaikum Mas Danang, bagaimana ya prosedurnya jika ingin dibuatkan kartun pribadi? Dan berapa biayanya?” 

Berarti pengirim inbox teliti dan sudah membaca baik-baik pengumumannya yang tertera di setiap akhir postingan page yang isinya:

"Pengen foto pribadinya menjadi kartun seperti ini?
Request saja ke
http://www.facebook.com/kawanimut2 melalui inbox
Dan tentunya tidak gratis lho yaaa"

Namun jika isi inboxnya, 

“Om buatin kartun aku donk” sambil langsung mengirim fotonya lewat inbox. Atau ada yang dengan percaya diri bilang, “Aku ada tantangan buat kreatornya kawanimut, bisa gak dibuatin kartun perawat yang berpose hendak menyuntik pasien dan bla bla bla...”

Yang demikian akan saya tanya, “Maaf apakah sudah tahu kalau request ini tidak gratisan alias berbayar?”

Kemudian dia akan membalas, “Oh berbayar ya? Yaaah gak tahu”

Berarti si pengirim inbox tersebut tidak teliti dalam membaca pengumuan ataupun ketentuan. Bahkan pernah ada yang kemudian mengatakan, “Ih pelit!” dan yang menyakitkan seperti, “Ya kecewa deh, ternyata kreatornya kawanimut matre”

Sebagian orang memang saya buatkan dan tanpa biaya. Tapi sudah pasti ada ketentuannya. Mereka adalah sahabat-sahabat saya yang hendak saya beri hadiah berupa kartun mereka dan saya memang melakukannya dengan sukarela.

Setiap penanya yang sudah tahu kalau request ini berbayar akan saya jawab dengan:

Bagan alur pembuatan kartun foto Kawanimut

“Wa’alaikumussalaam wrwb jika memang berminat kirimkan foto close-up dengan resolusi yang bagus/ga pecah/ga blur, ke inbox ini. Saya hanya butuh wajahnya saja, bukan full badan. Biaya 50ribu rupiah per wajah/bukan pergambar. Nanti akan mendapatkan 2 kreasi sesuai contoh yang sudah ada. Baru dibuatkan setelah diTransfer ke Bank Syariah Mandiri no. 7047984*** atas nama Danang Kawantoro. Jika sudah ditransfer, segera foto bukti transfernya dan ditunjukkan ke saya. Makasih”

Jika deal, maka pengirim inbox akan segera mentransfer dan mengirim foto bukti transfernya meskipun terkadang masih ada yang menawar biaya. Bagi beberapa orang yang sudah sampai langganan, saya tak segan memberikan diskon atau bonus dalam orderannya, namun jika di awal saja sudah menawar biaya, biasanya akan saya sarankan untuk dipikirkan kembali, benar-benar berminat atau tidak. Jika memang berminat, sebaiknya ikuti prosedur yang sudah ada, namun jika masih ragu, sebaiknya tinggalkan keraguan itu dengan mengangguhkan niatnya dahulu. Karena jasa ini juga tak main-main dan transaksinya tidak sama dengan berjualan ikan di pasar.

Berikutnya pengirim inbox harus mengirim foto yang sesuai prosedur yang diminta ke inbox. Foto yang dikirim mempengaruhi hasil. Jika sesuai prosedur, maka hasil yang didapat pun bisa maksimal. Namun jika tak sesuai prosedur, entah pecah, terlalu kecil, blur dan lain-lain, saya tak bisa jamin hasil akhirnya memuaskan atau tidak. Jadi kesesuaian prosedur akan mempengaruhi hasilnya. Untuk yang berpasangan atau rombongan, tidak perlu khawatir dengan posisi fotonya yang hendak dikirimkan. Tidak harus bersama. Foto pisah-pisah pun tidak apa-apa karena nanti bisa direkayasa untuk disatukan. Bahkan orang yang aslinya sudah tiada pun akhirnya bisa disatukan menjadi sebuah pose foto keluarga. Atau yang tak ingin melakukan foto pre-wedding, bisa foto pisah-pisah dan nanti disatukan dalam pose pengantin. Jadi tak perlu berfoto bersama betulan. 

Setelahnya proses pembuatan. Proses ini tentu butuh cukup waktu karena yang request bukan hanya satu orang. Anda segaris antrian yang cukup panjang. Jadi jika bisa sabar menanti, akan saya lanjutkan. Bahkan jika antriannya memang panjang dan berakibat prosesnya lama, setiap perequest malah akan mendapatkan bonus berupa jumlah kreasi yang lebih banyak. Bahkan terkadang sampai dua kali lipat yang seharusnya. Namun jika belum bisa menunggu dan dalam keadaan terburu-buru, maka saya akan menyarankan agar dibatalkan saja requestnya dan saya akan mengembalikan uang yang telah ditransfer ke rekeningnya.

Setelah hasil jadi dan saya kirim ke email masing-masing, pengorder terkadang masih ragu dan bertanya "Kok banyak sekali Mas jumlahnya? Ini nambah biaya berapa?" Saya bilang, itu bonusan saja, jadi tak pakai biaya tambahan. 

Bagan alur pembuatan kartun foto Kawanimut




Alhamdulillah selama ini pengorder cukup puas dengan hasilnya. Dan saya sangat mengapresiasi mereka yang begitu gembira dan bersyukur ketika diberi bonusan agak banyak. Meskipun beberapa waktu lalu sempat ada yang "ngelunjak". Sudah diberi sekian banyak bonusan tapi justru caci maki yang saya dapatkan darinya. Saya dikatakan bodoh karena tidak membuat nuansa biru pada orderannya. Padahal dia sendiri yang tak baca baik-baik prosedurnya. Kemudian minta batal, uangnya dikembalikan. Dan itupun masih terus mencaci maki saya sedemikian rupa. Dan hari berikutnya tiba-tiba mengatakan kalau gambar editan semacam ini diharamkan agama, dan jualan online itu juga diharamkan agama, entah dapat dalil dari mana dia.

Kreasi yang diijinkan adalah yang sudah ada contohnya atau saya yang menyesuaikan karena pose foto setiap orang kan berbeda-beda. Jadi saya carikan kreasi terbaik yang cocok untuk posenya. Untuk kreasi sesuka hati ada biayanya sendiri. Namun jika kreasinya mengikuti yang sudah ada contohnya, maka biaya hanya 50ribu per wajah itu saja dan akan mendapatkan beberapa kreasi sekaligus.

Berkaitan dengan nominal biaya, sepertinya ini tergolong sangat murah untuk editan yang cukup rumit semacam ini. Bagaimana tidak, coba lihat di bagan berikut, dengan biaya 50ribu rupiah per wajah yang sebenarnya hanya biaya transformasi dari foto asli ke kartun, akan mendapatkan bonus berupa dua kreasi lain. Jadi dari foto asli, lalu dibuat versi kartunnya terlebih dahulu dalam format file PNG yang transparan dan bisa diganti sendiri backgroudnya nanti. Setelahnya per orang akan dibuat gambar-gambar lain dengan pose yang berbeda-beda dari gambar aslinya. Dalam format file PNG juga. Dan hasil akhir dari semuanya, akan dibuat gambar JPEG yang sudah lengkap dengan backgroundnya. Hasil akhir inilah yang nanti bisa dicuci-cetak. Dan saya memberikan gambar dengan resolusi siap cetak, minimal dengan kedalaman 300 pixel/inchi. Jadi mau dicetak ukuran tembok pun Insya Allah tak akan pecah. Dan berapa jumlah file yang akan didapatkan? Coba hitung dari bagan gambar ini selain yang foto asli.

Bagaimana?
Apakah masih ada yang mau bilang, “Ah matre” atau “Ah mahal”?

16 komentar:

  1. Saya sudah lama berminat hanya masih bingung gmn caranya..foto di kirim ke mana dan brp. no. Rek yg di tuju

    BalasHapus
  2. hohoho... bookmark dulu deh buat nanti, insyaAllah XD

    BalasHapus
  3. mas danang, aku mau di buatin kartun. udh inbox tapi ga dibales :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inbox dimana ya? mungkin masuk spam kali ya soalnya belum berteman.

      Hapus
  4. Mas danang, barusan saya inbox di http://www.facebook.com/kawanimut2 untuk pesan kartun, minta tolong di cek barangkali belum masuk krn belum berteman. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Mas danang no rek ya berapa...?
    Makasih...

    BalasHapus
  6. Mas danang no rek ya berapa...?
    Makasih...

    BalasHapus
  7. Mas, Mase. buat kartun untuk ikhwa yang suka Backpacker iso! tapi jangan lupa jenggot tipisnya ya :) nanti saya kirim fotonya.

    BalasHapus
  8. hahaha buat diri sendiri kok banyak ngomong....jarang ada yg gratis didunia ini.

    BalasHapus
  9. Saya dari dulu pingin.. sempat inbox ktanya tidak melayani.. Alhamdulillah skr bisa yah..�� senang sekali.. saya mau pesan mas danang.. no rek nya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedurnya ikuti yang tertulis di artikel ini ya

      Hapus
  10. perorang itu berapa kak danang

    BalasHapus
  11. Mas, inbox ane kok ga dibales

    BalasHapus