Minggu, 18 Oktober 2015

Resep Masakan Anti Gagal Seri 1: Omurice (Nasi Goreng Omelet) Kawanimut


Omurice Kawanimut


Pernah lihat serial Korea yang berjudul Rooftop Prince? Yang bintang utamanya Han Ji Min itu lhoh. Disana diceritakan seorang pangeran dari kerajaan Joseon bersama empat anak buahnya terlempar ke abad 21 melalui dimensi waktu.

Nah, saat sedang berkelana di era yang asing baginya selama beberapa hari sang pangeran pun mulai lapar. Disitulah Han Ji Min datang bak seorang peri penolong menghidangkan kudapan lezat berupa nasi goreng dibungkus telur. Dia menyebutnya "Omurice". Bagi sang pangeran makanan itu masih asing, tapi dia sangat menyukainya. Saking sukanya sampai piring tempat makannya dijilati lagi meskipun sudah habis.

Seperti apa sih makanan yang bernama omurice itu?


Yuk kita masak sama-sama. Lumayan lho bisa menjadi menu makan siang di sela-sela waktu kerja.

Berikut ini adalah serba-serbi resepnya,

Bahan resep asli yang dibutuhkan antara lain adalah:
- Nasi,
- Udang ebi,
- Paprika merah,
- Paprika Hijau,
- Wortel,
- Daging cincang,
- Bawang bombay,
- Telur.

Cara membuatnya:
Untuk nasi isinya bisa dimulai dengan menyiapkan bawang bombay, paprika, dan wortel yang dipotong kecil-kecil. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, udang, daging cincang dan wortel. Paling awal agar wortel dan dagingnya matang dan tidak keras. Kalau untuk lidah kita, sebaiknya ditambahi bawang putih dan lada biar lebih sedap. Tambah cabe juga biar pas dengan lidah orang Indonesia yang suka pedas.

Jika tumisan sudah harum tambahkan potongan paprika merah dan hijau tadi. Aduk-aduk tapi jangan sampai terlalu layu. Masukan nasi, aduk merata dan tambahkan garam secukupnya. Jangan keasinan jangan kurang. Kalo keasinan tambahi gula biar berkurang asinnya.

Berikutnya siapkan kulit pembungkusnya dari telur. Kocok telur dengan sedikit lada dan garam. Ini untuk membuat kulis pembungkus nasi lho ya. Bagi yang masih pemula sebaiknya ditambahi tepung terigu agar tak mudah sobek.

Siapkan wajan teflon yang lebar, olesi sedikit minyak dan panaskan. Tuang adonan telur, goyangkan melingkar sampai merata dan tuang kembali sisa kelebihannya ke dalam loyang adonan telur. Jika sudah mengering seperti kulit lumpia, masukkan nasi isi-nya tadi secukupnya. Lipat sisi pinggirnya dengan menariknya ke tengah sampai berbentuk segi enam. Kalau sudah, gunakan dua sodet kayu, sisipkan salah satunya di bagian bawah telur dan satunya lagi gunakan untuk menahan bagian atasnya. Balik telur ke atas piring saji dengan cepat. Ingat harus cepat kalau tak ingin berantakkan.

Terakhir, olesi dengan saus pedas dengan pola sesuka selera.

Hasil Omurice Kawanimut


Jadi deh seperti contoh di atas.


Layout Ruang Ala Korea Kawanimut

Tunggu resep-resep menarik lainnya ya.
Untuk resep-resep yang lain bisa dilihat di https://www.facebook.com/Kawanimut2/media_set?set=a.232178826818458.54748.100000790283993

2 komentar:

  1. Oh, ini semacam nasi goreng dibalut telur gitu, ya.... Gampang kayaknya dan rasanya istri saya pernah bikin meskipun belum tahu sama si Omurice ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kalau di Thailand ada nasi goreng Pataya yang diceritakan dalam novel KCB Kang Abik. Tapi kalau nasi goreng Pataya dibungkus telur dan dilipat membentuk bulan sabit. Kalau yang ini dibentuk segi enam dan bahan isiannya juga berbeda.

      Hapus